03 November 2010

Membuat Read More di Blogspot

Hari ini saya mencoba untuk membuat link Read More pada postingan saya yang lumayan panjang agar tidak terlalu berat pada saat loading pada browser. Tapi anehnya cara yang pernah saya pakai dulu tidak berhasil. Berkali - kali saya coba meng-edit template bawaan blogspot dengan menambahkan kode "<a expr:href='data:post.url'>Read More......</a>" di bawah maupun di atas kode "data:post.body". hasilnya tetap saja berantakan...

Dengan bersenjatakan Google Search saya mulai mencari penyebabnya. Ternyata tidak butuh waktu lama karena saya menemukan blog yang dulu pernah saya jadikan patokan dalam mempelajari dunia blog yaitu blog-nya Kang Rohman. Tampilan blog-nya pun makin keren (jadi ingat waktu dulu belajar nge-blog...).

Dari informasi yang saya dapat, ternyata Blogger sudah menambahkan fitur untuk memasukkan link Read More pada postingan kita. Caranya pun cukup sederhana,.. Kita cuma perlu memasukkan kode "<!-- more -->" pada bagian yang ingin dipotong pada postingan kita (dalam mode edit HTML ya...). Atau jika ingin lebih praktis masukkan saja kode itu di kolom "Post Template" pada bagian "Setting -> Formatting". Itu untuk template bawaan blogspot. Sedangkan jika menggunakan template dari pihak lain, apabila cara di atas tidak berhasil mau tidak mau anda harus mengutak - atik template anda. Tapi karena saya belum mencobanya, maka saya tidak tuliskan di sini. Jika anda ingin tahu, silahkan saja langsung menuju blog Kang Rohman.

(eng)

0 comments:

Post a Comment

Untuk mengurangi spam, komentar akan dimoderasi. Terima Kasih.