05 November 2010

Cara Rip DVD ke MP4 dengan Handbrake

Bagi anda yang hobi menonton film dan mengkoleksi dvdnya pasti pernah berpikir: "bagaimana jika keping dvd saya rusak dan tidak terbaca lagi di player saya??". Sebagian dari anda mungkin sudah menemukan jawabannya: "gampang bos,.. tinggal copy aja ke dalam hardisk". Itu jika anda memiliki hardisk dengan kapasitas yang sangat besar. Katakanlah 1TB. Namun bagaimana dengan yang memiliki hardisk pas - pas-an??

Nah, daripada pusing - pusing, kita rip atau lebih tepatnya mengkonversi dvd tersebut menjadi file MP4 saja. Caranya:

Langkah 1:

- Copy folder VIDEO_TS ke dalam hardisk anda supaya proses convert menjadi lebih cepat. Hal ini juga dimaksudkan agar kita bisa tahu apakah dvd tersebut dapat terbaca dengan baik.


Langkah 2:

- Download dan install program Handbrake. Setelah selesai, restart dan jalankan program tersebut.
- Pada bagian "Preset" pilih yang "Classic".
- Klik tombol "Source" dan pilih di mana anda simpan file yang tadi anda copy. Secara otomatis title dan chapter dari dvd anda akan di load oleh Handbrake.
- Pilih "Browse" pada bagian "Destination" untuk menyimpan hasil rip / convert, lalu beri nama file tersebut.
- Pada "Output Settings" pilih "MP4 File".


Langkah 3:

- Pilih Tab "Video".
- Untuk "Video Codec" pilih "H.264 (x264)".
- Untuk "Framerate (FPS)" pilih "Same as Source".
- Pada bagian "Advance Encoding Settings" pilih "2-Pass Encoding" dan "Turbo First Pass". Jika kedua pilihan ini tidak bisa dipilih, geser "Constant Quality" menjadi 0% kemudian pada "Target Size" dan "AVG Bitrate" sebaiknya dikosongkan saja.


Langkah 4:

- Sekarang pilih tab "Audio & Subtitles".
- Pada bagian "Audio Tracks": untuk "Source" pilih bahasa yang ingin anda gunakan. Untuk "Samplerate", pilih "44.1".
- Pada bagian "Subtitles", pilih bahasa apa yang ingin anda gunakan. Jika pada hasil konversi tidak terdapat subtitles, coba beri tanda centang pada "Forced Subtitles Only". Kalau saya pribadi lebih memilih untuk tidak menggunakan subtitles, soalnya kenikmatan menonton lebih terasa karena kita tidak perlu membaca subtitles terus - menerus (padahal saya tidak jago berbahasa inggris lho...)


Langkah 5:

- Pada tab "Chapters", hilangkan tanda centang pada pilihan "Create Chapter Markers".
- Klik tombol "Start" untuk memulai rip / konversi ke MP4.


Nb: Setelah di rip / convert, sebuah film dvd yang berukuran 4Gb dapat dikompres hingga menjadi antara 800Mb - 1.5Gb. Untuk tampilan terbaik sebaiknya gunakan resolusi 1024x600 pada saat menonton (saya menggunakan player JetAudio dan K-Lite Codec Pack dan laptop HP-Mini).

"Tahukah Anda?": Meskipun kapasitas penyimpanan hardisk kini semakin hari semakin besar, tetap saja tidak akan cukup untuk menampung semua koleksi anda. Jika kita memiliki hardisk eksternal sebesar 1TB dan rata - rata ukuran dvd film adalah 4GB, maka kita hanya bisa menyimpan dvd tersebut sebanyak kurang lebih 250 keping. Kalau di lihat dari jumlahnya yang sekitar 250 film mungkin anda akan menganggapnya banyak. Tapi apakah koleksi anda selamanya akan tetap sebanyak 250??. Bagaimana jika anda juga ingin menggunakan hardisk tersebut untuk menyimpan file lain??

(eng)

2 comments:

Untuk mengurangi spam, komentar akan dimoderasi. Terima Kasih.