16 November 2010

Install Chinese Language Pack di Windows 7 Ultimate

Malam ini saya menginstall Windows 7 Ultimate 64bit di laptop kenalan saya. Ada satu permintaan dari dia, yaitu agar laptopnya bisa menggunakan bahasa chinese / mandarin. Baik itu dari tampilan, menu, dan menulis mandarin dengan menggunakan keyboard. Jadi sekalian deh saya bikin tutorialnya juga. Untuk catatan, sepertinya untuk bisa menginstall language pack ini kita membutuhkan Windows 7 Ultimate Edition baik itu 32bit atau 64bit.

Oke, yang pertama setelah kita selesai menginstall Windows dan driver - drivernya, selanjutnya download language pack mandarin "windows6.1-kb972813-x64-zh-cn.exe" di sini (x64 menandakan kalau language pack ini untuk Windows 7 64bit). Setelah selesai download, dobel klik file tersebut. Tunggu proses instalasi language pack selesai.


Langkah 1:


- Setelah selesai, klik "Start" dan ketikkan "Regional and Language Option" pada kotak pencarian.
- Pada Tab "Keyboards and Languages" bagian paling bawah, pilih bahasa yang ingin anda gunakan yang dalam tutorial ini adalah bahasa mandarin.


Langkah 2:


- Agar kita juga dapat mengetik dalam bahasa mandarin, kita juga harus men-setting input language pada keyboard. Setinggan ini juga terdapat pada "Regional and Language Option" pada tab "Keyboard and Languages" di menu "Change Keyboards".


- Pada bagian "Installed Services", klik "Add".

- Pada pilihan "Add Input Language", pilih yang sesuai dengan kebutuhan anda. Kalau saya biasanya memilih "Chinese (Simplified, PRC)", lalu memberi tanda centang pada pilihan "Microsoft PinYin".

(eng)

0 comments:

Post a Comment

Untuk mengurangi spam, komentar akan dimoderasi. Terima Kasih.