23 February 2011

Memperbaiki PS3 Overheat / Yellow Light of Death (YLOD)

Penyakit overheat tidak saja hanya dialami oleh mesin Xbox 360 yang juga biasa disebut dengan 3 RLOD (3 Ring Light of Death) tapi juga PS3, biasa disebut YLOD (Yellow Light of Death). Jika anda mengetikkan kata "PS3 Overheat" atau "PS3 YLOD", anda akan mendapatkan banyak sekali website yang membahas cara memperbaikinya. Namun sayangnya kebanyakan website tersebut berbahasa Inggris. Dan berhubung saya pernah mencoba memperbaiki PS3 yang overheat beberapa kali, maka akan saya buatkan tutorialnya di sini.

Kebanyakan PS3 yang terkena overheat adalah PS3 yang sudah dipakai bertahun - tahun. Debu yang tebal, pasta pendingin prosesor dan GPU yang telah kering, dan sirkulasi udara yang tidak baik diduga menjadi penyebab dari kerusakan ini. Tanda - tanda bahwa PS3 anda terkena overheat: ketika PS3 dinyalakan, lampu power yang tadinya hijau berubah menjadi kuning, lalu merah kedip - kedip. Biasanya yang sering terkena overheat adalah PS3 tebal 40GB sampai 80GB.

Sebelumnya saya ingin ingatkan dulu, setiap mesin PS3 yang mengalami overheat, memiliki tingkat "kesembuhan" yang berbeda - beda. Maksudnya: mungkin saja ketika PS3 tersebut selesai diperbaiki, dia akan bertahan lama, atau malah overheat lagi. Teori saya: PS3 yang sudah terkena YLOD, setelah diperbaiki kondisi komponennya sudah tidak bisa seperti baru lagi.


Langkah 1:

- Ikuti gambar berikut untuk melihat posisi baut pada PS3 tebal (pada beberapa model mungkin ada bagian yang berbeda).




- Untuk gambar di atas, jika PS3 anda memiliki slot memory, akan ada 2 buah baut lagi di dekat baut yang berada di bagian kiri bawah.










- Tanda panah pada gambar di atas menunjukkan bagian dari Prosesor dan GPU. Setelah dibersihkan, gunakan blower untuk memanaskan bagian ini dengan suhu sekitar 350 derajat celcius selama masing - masing 3 menit. Jika anda tidak memiliki blower, anda bisa mencoba menggunakan hair dryer (saya belum pernah mencobanya jadi tidak tahu apakah bisa berhasil atau tidak).
- Setelah selesai, biarkanlah beberapa saat sampai dingin.
- Sambil menunggu Prosesor dan GPU dingin, bersihkan kipas dan besi pendinginnya dari debu supaya proses pendinginan mesin bisa lebih efektif.
- Setelah Prosesor dan GPU dingin, oleskan Thermal Paste yang biasa digunakan pada prosesor komputer secukupnya dan pasang kembali PS3 anda.


Langkah 2:

- Sebelum menyalakan PS3 anda silahkan berdoa dulu ya.. Hua Ha Ha...!!

Note: Jika belum bisa hidup, ulangi pemanasan Prosesor dan GPU agak lama.

Sumber Gambar


Update 1:
Saat ini saya sedang membuat alat untuk mengontrol kecepatan kipas PS3 secara manual. Jadi kita bisa mempercepat putaran kipas agar PS3 menjadi lebih "dingin". Saat ini masih dalam tahap percobaan. Jika sudah siap akan saya post di sini.

Update 2:
PS3 Fan Controller sudah selesai, silahkan lihat di sini.

13 comments:

  1. Bos,berapa harga fan controllernya ya ?

    ReplyDelete
  2. @novierendra:

    Untuk harga dan pemesanan silahkan hubungi saya. Silahkan lihat di http://mr-amen.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-ps3-fan-controller.html untuk informasi lebih lengkap.

    ReplyDelete
  3. terima kasih bos infonya. smoga bermamfaat bagi q dan org byak , amin

    ReplyDelete
  4. mas ps q 40giga td kena overheat....trus q bawa ketukang servis kena biaya kira2 kl jadi 300rb,kemahalen ga mas???trus apa bisa pulih seperti semula???tadinya sebelum kasi jail brake semua aman,tp bis q kasi 2 minggu langsung gt,mohon pencerahan kirim balasan di aziezps8@gmail.com makasi mas seblumnya.

    ReplyDelete
  5. @axize:

    Untuk harga service overheat memang rata - rata berkisar di harga itu. Kalau untuk pulih seperti semula sih sudah susah. Paling hanya memperpanjang umur mesin saja. Nantinya kemungkinan besar akan overheat lagi.

    Untuk masalah overheat tidak ada hubungannya sama sekali dengan men-jailbreak ps3 anda. sebelum jailbreak ada, sudah ada kerusakan ylod ini koq :) .

    ReplyDelete
  6. mas itu kan yg kena minebordnya kan??,misalkan diganti bisa ga??terus harganya berapa???

    ReplyDelete
  7. @axize:

    Bisa saja diganti, asal tipe mainboardnya sama. Tapi saya tidak tahu apakah Blueray Drivenya bisa dipakai di mainboard lain.. Contohnya Xbox 360, kalau kita ganti DVD Drivenya dari mesin lain, mainboardnya tidak mengenali drive tersebut.

    Untuk harga saya kurang tahu mas...

    ReplyDelete
  8. mas boleh minta no hp or email fb or twitr pgn shering ttg ps3,ne uda jadi td habis 300 tp kata tukang servis mendingan dijual cos paling lama tingkat kesembuhane paling lama 3 bulan ya????

    ReplyDelete
  9. @axize:

    Kalau soal awetnya sih ga ada yang bisa tebak, ada yang 1 bulan, 2 bulan, atau lebih.

    ReplyDelete
  10. Gan, untuk pemasnasan harus suhu 350 derjat ya...??
    aku gk ada blower, tapi ada oven yg bsa smapi 250 derajat bisa di pakai gak...??
    thx.

    ReplyDelete
  11. @Arif Yulianto:

    Wah jangan pake oven gan.. Bahaya untuk semua komponen PS3-nya. Kalo ada pake Hairdryer, tapi usahakan anginnya jangan sampai kena bagian lain di motherboard.

    ReplyDelete
  12. tq gan,smoga bermnfaat buat qt smua

    ReplyDelete

Untuk mengurangi spam, komentar akan dimoderasi. Terima Kasih.